Sunday, December 23, 2012

Perbedaan Antara OS 32 bit dengan OS 64 bit


Mungkin sebagian orang belum mengetahui perbedaan antara OS 32 bit dengan OS 64 bit.
pertama-tama anda sebaiknya mengetahui OS yang ada pada komputer maupun laptop anda menggunakan 32 bit atau 64 bit. Caranya klik Start=> Control Panel=> System, atau klik kanan icon My Computer lalu pilih Properties, atau dari run ketik “sysdm.cpi”, disana akan tertulis X86 bila komputer atau laptop anda menggunakan system 32 bit dan X64 bila menggunakan system 64 bit. Tetapi rata-rata PC dan laptop yang ada di pasaran banyak yang menggunakan system 32 bit walaupun Hardware-nya sudah mendukung 64 Bit.
Pada dasarnya perbedaan system 32 bit dengan 64 bit terletak pada processor-nya, jika processor 64 bit keluaran Intel diberi kode EM64T (Intel Dual Core atau Core2Duo) dan keluaran AMD diberi kode 64 diakhir seri (Athlon 64), jika komputer anda generasi Pentium 3 kebawah sudah pasti menggunakan system 32bit. Untuk OS mulai XP sampai sekarang sudah menggunakan 32 bit dan 64 bit, tetapi dari XP ke bawah seperti winme, win98 dst masih menggunakan system 32 bit.

Pada teorinya system 64 bit lebih cepat dalam memproses suatu data dibandingkan dengan system 32 bit. Bahkan dalam menangani memory RAM pun 32 bit hanya mampu 4Gb tapi pada komputer kadang hanya terbaca 3,25Gb saja sedangkan untuk system 64 bit bisa lebih dari 4Gb.
Untuk saat ini lebih banyak software atau perangkat lunak yang support system 32 bit sedangkan untuk 64 bit masih jarang, tetapi banyak pula software 32 bit bisa di install di 64 bit, kecuali software driver dan anti virus harus sesuai dengan versi OS yang diinstal di komputer atau laptop anda.
OS Linux pun ketika kita download file masternya ada pilihan 32 bit.

Untuk perbedaan yang lain antara OS 32 bit dengan OS 64 bit antara lain :
  • Perbedaan yang paling signifikan adalah OS 64 bit mampu menangani memori / RAM hingga 192 GB (Windows 64 Home Edition dibatasi 16GB dengan alasan lisensi), sementara OS 32 bit hanya mampu menangani maksimal 4GB RAM. Beberapa chip modern memiliki teknologi PAE (Physical Address Extension) yang memungkinkan OS 32 bit menangani hingga 64GB RAM, namun memerlukan aplikasi yang mendukung teknologi itu, yang jarang dimiliki aplikasi biasa.
  • OS 32 bit akan kesulitan menangani file yang berukuran diatas 4GB, padahal perkembangan multimedia terkadang membuat kita berurusan dengan file sebesar gajah bengkak. Menangani file seperti ini akan membuat sistem sering memanfaatkan virtual memory / swap memory sehingga memperlambat kerja dan membuat harddisk bekerja keras.
  • OS 64 bit juga memiliki beberapa keunggulan lain seperti perhitungan numerik, enkripsi, dll akan dapat memanfaatkan lebar jalur 64 bit sehingga prosesnya menjadi lebih cepat. Perhitungan floating-point juga dapat lebih presisi sehingga creep-error menjadi lebih kecil.
Setelah mengetahui Kelebihan, Kekurangan, Perbedaan System 32 bit dan 64 bit,  anda mungkinsudah dapat menentukan akan menggunakan system 32 Bit atau 64 Bit dengan catatan hardware atau perangkat keras anda sudah support 64 Bit.

Semoga bermanfaat. : )

sumber : http://softkompi.blogspot.com/2012/03/kelebihan-kekurangan-perbedaan-system.html
              http://aldyputra.net/2011/07/perbedaan-sistem-operasi-32-bit-dengan-64-bit/

Artikel Terkait

2 comments:

  1. berguna kali gan :D kunjungin juga http://download-gratiss-area.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Iya gan. Terimakasih telah berkunjung di blog saya. : )

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.